Kenapa Hari Bumi Diperingati Pada tanggal 22 April


Kenapa Hari Bumi Diperingati Pada 22 April



Tentang Info,Hari Bumi Pertama Kali diperingati pada 22 April 1970
Menandai Awal Mula Gerakan Lingkungan Hidup Modern.
Meliputi 20juta penduduk Amerika,terutama di kampus-kampus perguruan tinggi,
berpartisipasi dalam National Teach-in pada isu lingkungan hidup dan protes terhadap penurunan kualitas lingkungan hidup pada HARI BUMI yang pertama kali diperingati.

Sangat sulit dibayangkan sekarang, tapi pada peringatan Hari Bumi yang pertama kali adalah sebuah Revolusi di berbagai aspek, suatu cara yang tidak hanya menghasilkan kesepakatan tentang isu lingkungan hidup tapi juga membentuk kebersamaan antar kelompok yang selama ini berjuang secara terpisah menghadapi isu lingkungan hidup yang diantaranya Tumpahan minyak,polusi yang dihasilkan oleh pabrik dan pembangkit listrik,limbah mentah,pembuangan racun,pestisida,rusak nya hutan belantara,polusi udara dan masih banyak lagi.

sejak saat itu Hari Bumi diperingati pada tanggal 22 April. Tetapi mengapa pada tanggal 22 April?

Senator dari negara bagian Wisconsin Gaylord Nelson,secara luas dikenal sebagai pencetus peringatan Hari Bumi yang pertama pada tanggal 22 April.merupakan sebuah gerakan yang sudah tepat pada waktu nya,dan Nelson Tidaklah sendirian pada tahun 1970 dalam memprakarsai Demonstrasi Akar rumput yang bertujuan untuk melindungi lingkungan hidup.

Aktivis dari San Fransisco John McConnell juga mengajak penduduk Amerika untuk ikut dalam sebuah aksi demo pada tahun 1970, dan McConnell memilih Equinox musim semi (21 Maret 1970) sebagai hari nya. Hari ini kamu bisa mendapati Peringatan Hari Bumi pada tanggal 22 April dan pada Equinox musim semi.

22 April berlanjut menjadi event yang lebih besar,Namun, dan juga Hari Resmi untuk peringatan Hari Bumi.
Beberapa mengatakan tanggal 22 April dipilih untuk memaksimal kan jumlah mahasiswa yang dapat dihubungi di kampus-kampus uiversitas, dan itu tidak sepenuh nya benar.
Tapi pada tanggal 22 April untuk Memperingati Hari Bumi yang pertama juga mengikuti peringatan yang jauh sebelum nya sudah ada yaitu Arbor Day (Hari yang umum nya di peruntukan untuk menanam pohon di Amerika Serikat,Australia Dan Negara Lain nya.Hal ini biasa dilakukan pada akhir bulan april atau awal bulan Mei)

J.Sterling Morton adalah pelopor dari negara bagian Nebraska, seorang penulis dan editor untuk Harian Utama Nebraska, dan juga seorang Sekretaris di wilayah Nebraska.

Dia Mengajurkan penanamam pohon di padang rumput yang tidak memiliki pohon dan juga berdebu.
Pada pertemuan Dewan Pertanian di Medio Januari 1872,Morton mempersiapkan penduduk Nebraska untuk meluangkan waktu pada tanggal 10 April sebagai hari untuk menanam pohon. Dia menyarankan dan menawarkan hadiah sebagai insentif untuk masyarakat dan organisasi yang menanam pohon paling banyak.
Dikatakan Bahwa Nebraskans (Sebutan untuk penduduk Nebraska) menanam hampir satu juta pohon pada hari pertama Arbor Day di tahun 1872.

Sepuluh tahun berlalu, di tahun 1882, Nebraska memprakarsai Arbor Day sebagai Hari libur resmi dan tanngal nya diganti dengan Hari Ulang Tahun Morton yaitu pada tanggal 22 April.

Arbor Day berkembang menjadi peringatan nasional. dan bisa dikatakan sebagai pelajaran yang sangat dingat untuk orang-orang yang hidup di tahun 1950'an dan 60'an.

Terlihat alami untuk menjadwalkan tanggal 22 April 1970 - Arbor Day - sebagai peringatan Hari Bumi yang pertama. Hari ini,merupakan kegiatan yang umum pada perayaan Hari Bumi menanam pohon yang baru.

Quote : Kenapa kita memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April? Tanggal itu bermula pada peringatan yang pertama kali yaitu Arbor Day. Dan tanggal dari Arbor Day  di buat sesuai Hari Ulang tahun dari J.Sterling Morton,Seorang pelopor Nebraska dan juga seorang jurnalis yang memprakarsai Arbor Day yang pertama pada tahun 1872

Sumber : Earthsky.org